Minggu, 06 Januari 2013

berpetualang di asrinya Pandeglang :D

hai semua, apa kabarnyo? ini cerita petualangan yang baru gw laksanakan bersama sahabat petualang gw. beberapa hari yag lalu kita berpetualang ke salah satu kota di Banten, tepatnya di Pandeglang. ada yg tau daerah ini? mungkin masih sedikit yah, maklum daerah ini emang lumayan jauh perjalanannya hhe..
Pandeglang ini salah satu kabupaten dikota serang, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Banten, Indonesia. Ibukotanya adalah Pandeglang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Serang di utara, Kabupaten Lebak di Timur, serta Samudra Indonesia di barat dan selatan. mayoritas masyarakatnya adalah suku sunda, daerah pandeglang sendiri merupakan daerah pegunungan jadi ya bisa dibayangin cuaca daerah disana kaya gimana, sejuuuk bgt dan masih seger udaranya :)
pandeglang ini bisa ditempuh dengan menggunakan bis ataupun kereta. kalo bis kita cukup naik bis jurusan merak serang, nanti bisa turun di terminal serang ataupun dipatung nah abis dari situ naek angkot deh menuju pandeglang. tapi yang harus tau untuk menuju daerah pandeglang ini memang cukup sulit karena masih terbatsnya transportasi alias angkotnya gak begitu banyak. hmm, let;s chech our story oke :))

hari pertama kita ke pandeglang, kita naik bis di terminal pulogadung jurusan merak, serang. harganya 20.000 AC terus kita turun di patung. di patung kita udah di jemput sama salah satu sahabat kita yg rumahnya di pandeglang. kita di jemput dengan menggunakan angkot charteran. Fyi, charter angkotnya Rp. 300.000,- seharian full. bebas mengantarkan kita kemana aja, itu udah termasuk bensin. hari pertama kita langsung diajak ke anyer, serang. tempat tujuan hari pertama kita yaitu, pantai karang bolong dan pantai lombok. perjalanan menuju pantai karang bolong lumayan jauh dan panjang dari tempat qt turun bis, sekitar 2-3 jam, lumayan kan? tiba di karang bolong kita disambut oleh cuaca yg ceraaah re: panas. harga masuk tiket karang bolong Rp.7.000,- dgn harga parkir mobil Rp. 10.000,-.

ini foto kita di karang bolong
diatas karang bolong 
ada karang yg besar yang tengahnya bolong hampir mirip donat, that'a way ini dibilangnya karang bolong. ada tangga menuju ke atas karang bolong, dan dari sana kita bisa liat pantai dan laut yg ada di karang bolong. indah banget liat laut dari atas sini.

next, ke tempat kedua. kita di ajak ke pantai lombok. pantai lombok ini ada di deretan pantai carita. lokasinya enak banget karena tempatnya yang masih begitu dan gak begitu banyak orang, jadi buat main air bisa sepuasnya. malah kita berasa ini pantai pribadi haha!!
harga masuk pantai lombok ini cuman dipungut biaya masuk mobil aja sebesar Rp.20.000, wow enak yah orangnya gak perlu diitung hhe. ini salah satu keuntungan pake angkot yang abang supir angkotnya kenal daerah jdi bisa ditawar deh hhe, maksih ya bang..

ini dia pantai lombok, sepi tapi indah :)


sunset at lombok beach :)

karena tempatnya yg masih sepi dan belum begitu banyak pengunjung kaya pantai-pantai lain di pantai carita, kita jadi bisa main sepuasnya di pantai. oiya, buat yg hobi naik banana boat disini juga ada, harga Rp.10.000-20.000/orang, masih terhitung murah kan? ya pinter-pinternya aja kita nawar hhe. sayangnya waktu kita datang, ombaknya lagi pasang jadi gak bisa naik banana boat. but, si sepi nan indah ini bisa jadi referensi liburan loh :)

hari ke-2 kita jalan-jalan ke pasar tradisional di pandeglang. pasar ini lumayan deket sama laun-alun pandeglang, jadi pulang dari pasar kita bisa main disana. di pasar tradisional kita bisa  belanja oleh-oleh khas pandeglang yaitu emping dan keceprek. emping dan keceprek itu makanan khas yg terbuat dari melinjo, enak deh pokonya. harganya juga murah-murah :)
dari pasar tradisional menuju alun-alun pandeglang bisa tempuh by walking. 

ini dia alun-alun pandeglang 
di alun-alun pandeglang banyak jajanan murah, apalagi kalo hari libur sama malam minggu. wuih, rame banget deh disini. dari alun-alun pandeglang kita kembali menuju homestay, homestay kita itu salah satu rumah sahabat kita jadi ya lumaya bisa irit bt penginapan hhe. fyi, angkot dipandeglang ini hampir semua warnanya abus-abu gelap udha gitu gak ada  tulisan atau nomor jurusannya kemana. makanya bt yg belum tau, wajib nanya ke abang angkotnya itu angkot jurusan amana sebelum naik yah ;)
pulang dari alun-alun qt menuju ke pemandian air panas, yg ada di daerah cikole. dari kadugedong bisa tempuh nk angkot ongkosnya Rp.3.000, tmpt kolam air panasnya lumayan bagus loh.

Last day, kita diajak menuju tempat jalan-jalan terakhir yaitu CAS water park!! cas water park ini salah satu objek wisata kebanggan pandeglang bahkan serang loh. masuknya cukup dengan Rp.15.000/orang,





sebenernya CAS waterpark ini lebih mirip mini dufan di jakarta, dimana gak cuman ada wahana waterparknya tapi ada juga wahana permainan lain kaya alap-alap, terus rumah hantu, perahu terus masih banyak yg lainnya. yg pasti kalo kalian mampir ke serang atau pandeglang tempat ini recomended bgt deh. harga tiket wahana sekitar 5000-10.000 murah kan??
yups, selesai bersenang-senang di CAS waterpark kita naik bis jurusan labuan menuju ke terminal pakupatan serang. hrga bis labuan ini 5.000-10.000, tips kalo naik bis ini bilang aja anak kampus atau turun kampus jadi bayarnya cuman 5.000 hehehe, lumayan irit.
dari terminal pakupatan serang kita kembali naik bis menuju Jakarta-pulogadung Rp.18.000 Ac.
and the adventure is finish :)

tips buat yg mau berlibur ke pandeglang, wajib cari tau dulu mau liburannya kemana aja biar gampang cari transportasinya. sebisa mungkin ada kenalan atau minimal yg udah tau daerah pandeglang sana, jadi gak bingung dan gak nyasar, selamat berpetualang di pandeglang :D

1 komentar:

  1. Trus klo naik kreta lewat mana....blm dibahas..heeeeee.kayanya kepandeglang blm ada dah

    BalasHapus